Seputar Leads Yang Wajib Diketahui Pemasar Digital

Leads merupakan orang-orang yang tertarik terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Umumnya mereka akan meninggalkan kontak, untuk dapat menghubungi mereka secara leluasa. Dari kontak tersebut, dapat digunakan untuk mengirimkan info seputar promo, rilis produk terbaru, dan lainnya.

Akan tetapi leads tidak didapatkan begitu saja. Dibutuhkan lead generation agar dapat menjaring leads yang lebih memiliki kualitas. Pengertian lead generation ialah proses untuk menarik orang dan menjadikannya pelanggan Anda.

Lalu apa pentingnya leads ?

Lead generation atau leads merupakan komponen penting di dalam digital marketing. Mengapa demikian? Seperti inilah penjelasannya:

  • Dengan leads dapat melakukan promosi serta konversi ke segmen pelanggan paling potensial, dan memetakan calon pelanggan berdasarkan demografi atau kebutuhannya
  • Dapat lebih mudah menghubungi calon pelanggan potensial
  • Dapat mempraktekan strategi inbound marketing
  • Menjalin interaksi dengan calon pelanggan dengan pengiriman konten yang bermanfaat.

Leads bukan hanya sekedar terus menjalin kontak dengan pelanggan, tetapi berguna juga untuk meyakinkan calon pelanggan agar dapat menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan. Calon pelanggan dapat mengerti bagaimana produk yang ditawarkan dapat menyelesaikan persoalan mereka. Leads juga dapat memetakan calon pelanggan, berbekal dari data sederhana seperti jenis kelamin, umur, dan lainnya dapat diketahui kebutuhan yang sesuai dari calon pelanggan potesial. Dengan begitu strategi marketing Anda dapat lebih tepat sasaran.

Lalu bagaimana cara ampuh mendapatkan leads ?

1. Buat landing page

Landing page merupakan halaman yang dapat digunakan untuk melakukan advertising dan efektif untuk memetakan leads. Halaman ini memberikan informasi lengkap seputar produk atau jasa yang ditawarkan.

2. Sediakan live chat di website

Dengan fitur ini dapat memudahkan calon pelanggan untuk bertanya mengetahui lebih detail mengenai layanan bisnis perusahaan. Livechat juga dapat menjadi sarana menambah leads, dengan fitur” form isian data calon pelanggan sebelum dapat memulai chat dengan Anda.

3. Manfaatkan media sosial 

Leads juga didapatkan dengan mudah pada media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dengan ketentuan konten yang Anda tampilkan dapat memberikan efek persuasif kepada calon pelanggan.

4. Webinar

Jika memang mumpuni, webinar merupakan salah satu cara untuk mendapatkan leads, semakin menarik tema webinar yang Anda tawarkan akan semakin banyak leads yang didapatkan.

5. Trial produk atau layanan

Dengan pilihan trial produk atau layanan maka Anda membiarkan calon pelanggan untuk melihat seberapa baiknya produk dan layanan dari Anda. Dan ini merupakan peluang Anda untuk mendapatkan calon pelanggan secara langsung.

Agar strategi leads Anda lebih efektif dan profesional, jangan lupa untuk membuat landing page untuk produk dan jasa Anda. Kalau pun Anda belum memiliki website, tidak perlu khawatir. Exedigi memiliki layanan yang pembuatan website professional dengan harga terjangkau. Coba cek sekarang!