Mengenal SEO & SEM Untuk Strategi Digital Marketing

Untuk para pelaku bisnis online mungkin pernah mendengar istilah SEO & SEM, tetapi masih kurang memahami perbedaan dari keduanya serta manfaatnya.

Kali ini exedigi akan membahas mengenai pemahaman mendasar yang benar terlebih dahulu dari masing-masing istilah tersebut, serta membahas perbedaan dan teknik mana yang lebih baik digunakan untuk website bisnis Anda.

SEO (Search Engine Optimization)

SEO ialah teknik dalam menempatkan website untuk dapat mencapai posisi strategis pada posisi SERP (search engine result page) sesuai dengan keyword yang menjadi targetnya. Melalui posisi yang bagus pada search engine diharapkan akan mendapatkan traffic pengunjung yang lebih banyak dan berkualitas. Indikator keberhasilan dalam SEO ialah posisi halaman pertama pada keyword yang ditargetkan. SEO merupakan bagian di dalam SEM, yang memiliki peran untuk menaikan posisi website pada mesin pencari melalui pencarian organik dengan penggunaan kata kunci.

SEM (Search Engine Marketing)

SEM ialah bentuk pemasaran internet dengan kegiatan promosi untuk meningkatkan visibilitas website pada halaman pencarian mesin telusur. SEM ini lebih luas dan mencakup taktik SEO, serta beberapa teknik pemasaran lainnya. SEM juga menyertakan pay per click (PPC) dan bahkan juga termasuk SMM (Social Media Marketing) sebagai komponen nya.

Lalu apa perbedaan SEO dan SEM?

Seperti sebelumnya sudah diketahui bahwa SEO merupakan bagian dalam SEM untuk meningkatkan traffic pengunjung website dengan cara menjadi peringkat tertinggi pada mesin telusur sesuai dengan keyword yang ditargetkan. Sedangkan cakupan SEM lebih besar lagi jangkauannya dari SEO, Karena SEM dianggap sebagai pemasaran internet untuk meningkatkan visibilitas website pada mesin pencari, yang dapat menggunakan pencarian organik, melalui pay per click (PPC), dan bahkan juga termasuk SMM (Social Media Marketing).

Dari segi pengguna, SEM biasanya lebih identik untuk penawaran produk dan biasanya ialah toko online yang memiliki produk. Sangat jarang ditemukan pengguna SEM untuk mengiklankan konten dalam bentuk tulisan. Sedangkan pengguna SEO lebih umum untuk konten dan jualan produk.

Strategi pemasaran mana yang lebih baik ?

Antara SEO dan SEM masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Seperti yang diketahui, SEM sesungguhnya tidak dapat berhasil mulus tanpa menggunakan taktik SEO organik.

Selain itu, penggunaan kampanye PPC (salah satu komponen SEM) lebih efektif dan cepat hasilnya jika dibandingkan dengan waktu yang dibutuhkan untuk SEO. Sebagai contoh, jika website pertama kali baru  diluncurkan dan ingin segera dilakukan kampanye untuk dapat meningkatkan traffic pengunjung dapat menggunakan iklan berbayar PPC sebagai salah satu alternatif kampanye nya, sembari tetap dilakukan optimasi pada teknik SEO nya.

Meskipun SEO membutuhkan waktu sedikit lebih lama dibandingkan SEM untuk menampilkan hasilnya, namun biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih murah, jika dapat mengembangkan kredibilitas website pada mesin telusur seperti google, karena membangun kredibilitas website tidak dapat dilakukan dengan kampanye PPC.

Jadi, bagaimana solusinya?

Cara yang seringkali dilakukan ialah menjalankan kedua strategi secara bersamaan, karena keduanya merupakan strategi penting untuk jangka pendek dan jangka panjang dalam meningkatkan visibilitas dan traffic pengunjung website Anda. Untuk memulai yang mana dapat dilakukan dahulu, perlu dilakukan evaluasi kebutuhan secara spesifik terkait dengan budget & waktu kampanye Anda sehingga diharapkan dapat mempertahankan aktivitas pemasaran tersebut.

Berikut solusinya jika memang Anda harus memilih terkait keterbatasan budget:

Anda dapat memilih SEO jika:

1. Orientasi penjualan (sales) Anda tidak memikirkan hanya untuk jangka waktu dekat saja.

2. Anda tidak ingin terlalu bergantung pada biaya bulanan.

3. Produk Anda susah dan tidak sesuai untuk dipromosikan melalui PPC.

4. Pasar bisnis Anda bukanlah suatu hal yang mudah untuk bisa transaksi secara online.

Anda dapat memilih SEM jika:

1. Mengharapkan respon & penjualan dalam waktu dekat

2. Competitor Anda banyak yang menggunakan PPC

3. Sedang dalam launching produk baru dan membutuhkan kampanye dalam waktu dekat.

Demikianlah ulasan mengenai SEO dan SEM yang dapat diketahui para pelaku bisnis online. Semoga informasi ini dapat menjadi pertimbangan perihal memilih strategi pemasaran bisnis Anda. Team exedigi dapat membantu Anda, jika memerlukan layanan SEO dan kampanye iklan pada website Anda.