7 Tips Pemasaran yang Efektif di Tahun 2021

Setiap industri yang sangat bergantung pada teknologi mengalami perubahan besar dari tahun ke tahun. Pemasaran adalah salah satu lanskap yang berubah begitu cepat, sulit untuk mengikuti praktik terbaik. Berikut 7 tips pemasaran untuk mengoptimalkan strategi Anda tahun ini, berdasarkan tren terkini:

1. Carilah Peluang untuk Diversifikasi

Sebagian besar anggaran pemasaran saat ini tidak mengizinkan bisnis mengejar setiap saluran distribusi sekaligus. Anda perlu dengan hati-hati memilih saluran yang paling mungkin mendatangkan keuntungan besar dari investasi Anda. Jadi cari peluang untuk mendiversifikasi strategi Anda dengan terlebih dahulu meneliti audiens Anda. Identifikasi sub-saluran khusus tempat Anda dapat memotong kebisingan pemasaran, seperti di YouTube, grup media sosial, dll. Kemudian Anda dapat mendiversifikasi strategi Anda dengan mengetahui bahwa hasilnya sepadan dengan investasi.

2. Rangkul Sosial Berbayar

86% pemasar sosial sudah menggunakan iklan Facebook, dan pendapatan iklan platform terus bertambah. Sementara itu, opsi iklan berbayar telah muncul di Instagram, Pinterest, Twitter, dan lainnya. Platform media sosial mengubah algoritme mereka, memperjelas bagi merek bahwa promosi berbayar adalah suatu keharusan jika Anda ingin mendapatkan visibilitas. Jika Anda ingin strategi sosial Anda mempertahankan atau mendapatkan momentum, maka merangkul sosial berbayar adalah suatu keharusan.

3. Fokus Pada Konten Anda Saat Ini

Sebagian besar pemasar saat ini memahami bahwa mereka perlu menghasilkan konten dalam jumlah besar untuk membangun basis lalu lintas. Mereka sering fokus pada pembuatan konten baru, mengabaikan nilai aset yang ada. Kiat pemasaran profesional: jika Anda ingin mengikuti pasar yang kompetitif saat ini, penting untuk menggunakan konten Anda saat ini secara maksimal.

Misalnya, Anda dapat:

Identifikasi konten Anda yang paling populer dan gunakan wawasan ini untuk menginformasikan konten masa depan yang Anda buat.

Perbarui konten lama dengan data, visual, atau perspektif baru, lalu terbitkan ulang untuk jangkauan yang lebih luas.

Gunakan kembali konten lama sebagai infografis, video, slide deck, dll. Anda juga dapat mengubah serangkaian posting blog menjadi panduan atau laporan ebook.

Otomasi Pemasaran Dibangun di Sekitar Agen

4. Membina Pendukung Merek

Orang mencari rekomendasi dari rekan mereka untuk membuat keputusan pembelian. Pelanggan Anda sendiri adalah sumber daya yang ampuh untuk membantu Anda menjangkau pemirsa baru dan mendorong konversi. Untuk memaksimalkan pendukung merek Anda, buat kampanye untuk mendorong mereka menyebarkan pesan Anda. Buat komunitas online atau tawarkan hadiah untuk referensi, misalnya. Anda juga dapat membuat tagar bermerek dan mendorong audiens untuk menggunakannya.

Audi pernah memanfaatkan hashtag yang dibuat seorang penggemar di Twitter bernama # WantanR8. Mereka mengejutkan pengguna Twitter dengan mengizinkannya mengemudikan R8 selama sehari, kemudian menggunakan hashtag untuk mempromosikan kendaraan dan menawarkan lebih banyak tumpangan gratis kepada penggemar Twitter:

5. Terus Mengoptimalkan Pengalaman Pengguna

Membuat pesan yang berbicara kepada audiens target Anda hanyalah langkah pertama menuju sukses dalam pemasaran online. Tidak peduli seberapa hebat konten Anda, itu tidak akan mendorong konversi tanpa pengalaman pengguna situs web (UX) yang luar biasa.

Jadi, pastikan Anda terus menguji dan mengoptimalkan UX untuk mendorong sasaran pemasaran. Ini termasuk meningkatkan kecepatan dan navigasi situs, memastikan konten Anda mudah dikonsumsi di perangkat seluler, dan banyak lagi.

6. Hubungkan Strategi Online dan Offline

Menciptakan pengalaman pelanggan yang konsisten secara online dan offline adalah aspek penting dari pemasaran yang berkesan di tahun 2019. Semakin banyak bisnis yang menggunakan acara langsung untuk memengaruhi audiens dan mendorong penjualan, tetapi mereka sering menganggapnya terisolasi dari inisiatif pemasaran online. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari pemasaran langsung, pertama-tama identifikasi langkah apa yang Anda ingin audiens lakukan setelah acara (mis. Terlibat dengan email Anda, mendaftar untuk demo produk gratis, dll). Kemudian ciptakan pengalaman langsung yang memupuk mereka dalam perjalanan ini. Baca selengkapnya tentang strategi pemasaran omni-channel…

Otomasi Pemasaran Dibangun di Sekitar Agen

7. Jadikan Analisis Kinerja sebagai Strategi Berkelanjutan

Pemasar berpengalaman mana pun tahu pentingnya analisis kinerja untuk mengoptimalkan strategi mereka. Tetapi menunggu sampai akhir kampanye pemasaran untuk menganalisis dan menyesuaikan secara serius akan membatasi potensi manfaat dari analisis kinerja.